Kamis, 21 Agustus 2014

Pembelajaran Menggunakan KARCIS ( KARtu chaSIS)

Pernah dengar istilah FLASH CARDS? Kartu cepat? Atau kartu kilat? Mungkin bisa juga diartikan demikian karena mempergunakan kartu ini dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) akan mempermudah atau mempercepat pemahaman siswa.Pada pelajaran chasis siswa harus mengetahui dan menidentifikasi komponen chasis dengan nama komponen yang masih asing di telunga siswa. Apalagi ketika peralatan yang kita gunakan tidak memadai atau tidak tersedia. melalui gambar siswa dapat mengidentifikasi komponen chasis.

Teori multiple intelligence yang dikemukakan oleh Howard Gardener mengingatkan para guru tentang siswa yang memiliki tipe belajar yang berbeda. Penelitian yang diadakan oleh Gardener mengindikasikan bahwa dalam PBM, guru idealnya bisa mengakomodir tipe-tipe yang berbeda tersebut.

Flash cards adalah media yang tepat untuk membantu siswa/anak mengingat dan mempelajari informasi baru. Kartu ini mudah dibuat dan digunakan. Sebagian besar anak-anak adalah visual learners dan kartu bergambar dengan warna-warna menarik bisa sangat bermanfaat untuk mengajar mereka.

Flash cards seringkali digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris dan pengenalan konsep matematika. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan dalam bidang yang lain. Bidang study apapun bisa memanfaatkan media ini, kartu ini dapat digunakan  untuk mengajarkan atau memperkenalkan berbagi konsep. Flash cards bisa digunakan untuk menciptakan memory games, review quizzes (pengulangan pelajaran di sekolah), guessing games (tebak-tebakan), bahkan untuk memperkenalkan topic diskusi.

Pada pembelajaran saya, gambar pada flash card saya cari di internet, gambar lebih berfariasi dan lebih menarik. kemudian saya laminating agar lebih awet. dan kartu ini saya beri nama KARCIS (Kartu Chasis)

Karcis saya gunakan pada saat awal masuk pembelajaran untuk mengingat materi sebelumnya dengan cara games tebak tebakan. Pada saat pembelajaran karcis juga bisa digunakan dengan permainan Penantang Terakhir. Cara bermainnya dalah dengan saling mengajukan pertanyaan kartu yang di bawa siswa. kartu yang tidak tertebak dialah pemenangnya.



0 komentar:

Posting Komentar